Ucapan Selamat Wisuda untuk Sahabat yang Berkesan

Ucapan Selamat Wisuda untuk Sahabat
via https://www.usatoday.com

Wisuda merupakan suatu hal yang sangat dinantikan oleh semua mahasiswa. Meski wisuda adalah akhir dari pembelajaran di dunia kampus, tetapi wisuda bukanlah akhir dari segalanya.

Kamu bisa melakukan hal yang lebih baik setelah wisuda. Seperti misalnya bekerja pada bidang yang sesuai dengan kemampuan atau pun yang lainnya.

Nah, saat proses wisuda akan dilakukan biasanya banyak orang yang menyiapkan berbagai kata-kata unik dan menarik. Seperti ucapan selamat wisuda yang bertujuan untuk memberi semangat dan motivasi kepada teman.

Ucapan Selamat Wisuda untuk Sahabat

Tapi tak jarang pula orang yang bingung saat akan mengatakannya. Pasti Kamu juga pernah mengalaminya kan?

Tapi jangan khawatir mengenai hal tersebut, Kamu bisa mengucapkannya dengan cara melihat beberapa contoh di bawah ini.

1. Awal Mula yang Sebenarnya

“Selamat wisuda! Ini bukanlah akhir dari semuanya melainkan adalah awal dari kehidupanmu menempa ilmu yang sebenarnya. Wisuda adalah gerbang dunia nyata yang akan membuat dirimu mengenal siapa Kamu sebenarnya.”

Wisuda memang berada di akhir dunia perkuliahan. Namun, hal tersebut bukan akhir dari segalanya.

Dengan menjalani proses tersebut, Kamu bisa melihat dunia nyata yang lebih menantang. Selain itu, Kamu juga akan tau bagaimana Kamu harus bertindak dan melakukan segala sesuatu.

2. Sebagai Bukti Belajar

“Jangan pernah tempatkan wisuda pada posisi hanya sebagai bukti bahwa Kamu pernah kuliah saja. Namun, jadikanlah ia sebagai bukti suatu dari hasil belajarmu di kampus dan sebagai bukti pencapaian yang pernah Kamu dapatkan. Selamat wisuda.”

Sebaiknya wisuda jangan pernah dijadikan sebagai bukti kita mendapat gelar. Melainkan wisuda merupakan sebuah tingkat pencapaian proses berpikir seseorang dalam menjalani dunia perkuliahan.

Seseorang yang sudah pernah melakukan wisuda seharusnya memiliki wawasan yang lebih luas dari pada yang belum pernah.

3. Proses Belajar yang Masih Terus Berlanjut

“Wisuda bukanlah akhir dari proses pembelajaran. Namun, setiap manusia harus terus belajar meski sudah melakukan wisuda berulang kali.”

Seringkali wisuda diartikan sebagai akhir dari proses pembelajaran yang panjang dalam dunia perkuliahan. Padahal dalam kenyataannya wisuda hanya merupakan step kecil dalam suatu dunia belajar.

Tentu saja, setelah Kamu sudah mendapatkan ucapan selamat wisuda ini harus tetap menjalankan proses pembelajaran lagi mengenai banyak hal.

Bukan hanya tentang teori yang biasa di dapat dari buku saja, Kamu juga harus belajar mengenai cara untuk menghadapi situasi dalam kehidupan yang sedang dijalani.

4. Wisuda Merupakan Kebanggaan Orang Tua

“Selamat wisuda. Salah satu kebahagiaan orang tua adalah melihat anaknya bisa mengikuti proses wisuda dengan lancar sebagai sebuah pencapaian.”

Ya, kutipan di atas merupakan salah satu ucapan yang bisa diberikan pada teman yang akan melaksanakan wisuda. Jangan egois  karena, proses ini bukan hanya untuk Kamu saja tapi juga untuk orang tua.

Tanpa adanya orang tua yang selalu mendampingimu, Kamu tidak akan menjadi seperti sekarang ini.

5. Mendekatkan dengan Cita-Cita

“Selamat wisuda. Ia akan membawamu lebih dekat dengan cita-cita yang dahulu hanya bisa kau terka saja.”

Wisuda adalah sebuah pencapaian seseorang yang sangat berkesan. Ia tidak hanya akan menjadi akhir dari dunia perkuliahan saja. Tetapi, juga akan membuat Kamu memiliki jarak yang lebih dekat dengan cita-cita.

Meski banyak orang yang menilai bahwa sekarang Kamu sudah pantas mendapatkan sesuatu karena sudah diwisuda.

Namun, pada kenyataannya penilaian orang tersebut belum tentu sama dengan penilaian diri sendiri. Jadi, percayalah pada diri sendiri dan ambil hal yang bermanfaat saja dari penilaian orang lain.

6. Sebagai Kehidupan Baru

“Wisuda bukanlah akhir dari segalanya. Ia akan membawa Kamu menuju kehidupan baru yang akan dijalani. Semoga, ilmu yang Kamu dapatkan bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan semua orang. Selamat wisuda!

Ucapan ini merupakan sebuah doa yang bisa Kamu berikan kepada teman. Memang, proses akhir dari perkuliahan ini adalah salah satu gerbang menuju kehidupan yang baru dan lebih panjang.

Nah, ilmu yang didapatkan selama Kamu kuliah harus menjadi bekal untuk mengarungi kehidupan yang sesungguhnya.

7. Proses Memungkasi Jerih Payah

“Semua jerih payah yang telah Kamu lalui selam masa kuliah kini telah berakhir.  Selamat wisuda kawan, selamat bergabung menempuh dunia yang nyata ini.”

Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami proses sangat panjang untuk bisa mengikuti wisuda. Banyak sekali suka dan duka yang dijalani sebagai bukti penggemblengan untuk menuju dunia yang sesungguhnya.

Nah, momen yang spesial ini bisa disebut juga sebagai peristiwa yang ditunggu-tunggu oleh semua mahasiswa yang sudah berjuang selama bertahun-tahun.

Tak heran jika mereka rela melakukan segala cara agar bisa mengikuti proses akhir dari perkuliahan ini.

8. Menjadi Akademisi Lebih Elite

“Dengan menjalankan proses istimewa ini Kamu akan mendapat gelar sarjana. Setelah ini, Kamu harus membuktikan bahwa Kamu mampu menjadi seorang sarjana yang elite. Selamat wisuda kawan!”

Kutipan di atas mengandung makna bahwa seseorang yang telah menjalankan proses akhir perkuliahan ini harus menjadi sarjana yang elite.

Ya, kata-kata tersebut bisa menjadi sebuah harapan. Hal tersebut dikarenakan adanya fakta bahwa banyak sekali sarjana yang memiliki pekerjaan serabutan bahkan ada pula yang menganggur.

Peristiwa ini sangat bertolak belakang dengan kenyataan yang seharusnya dilakukan oleh para sarjana.

Yaitu menjadi para sarjana elite dengan pekerjaan tetap dan mengamalkan semua ilmu yang dimiliki dengan tepat.

9. Bukan Gelar Semata

“Selamat wisuda. Proses ini bukan hanya sebuah pertarungan untuk mendapatkan gelar semata. Tapi, sebenarnya ia merupakan sesuatu yang lebih besar dari pada itu. Ada banyak sekali hal yang harus Kamu genggam sebagai wujud kepantasan dirimu.”

Dari kutipan di atas bisa disimpulkan bahwa wisuda bukan hanya perihal untuk mendapatkan gelar saja.

Namun, ada tanggung jawab yang cukup besar untuk membuktikan diri bahwa kita pantas dan mendapatkan gelar tersebut.

Tentu saja, seorang sarjana akan merasa dirinya lebih bangga saat ilmunya bisa berguna bagi orang lain.

Jika para sarjana bisa  melakukan segala sesuatunya dengan tepat dan memberikan ilmunya dengan benar. Maka, rasa bangga ini akan terus ada dalam hatinya.

Demikian contoh ucapan selamat wisuda yang bisa Kamu gunakan untuk memberikan semangat pada semua teman Kamu yang akan melaksanakan wisuda.

Selain itu, Kamu juga bisa mengubah  beberapa bentuk contoh kata di atas menjadi kata versi Kamu sendiri.

0 Shares

Leave a Comment