10 Tips Menyempurnakan Ruangan Dengan Rak Dinding Minimalis

Kamu seringkali tergoda untuk membeli aneka barang meski belum tahu akan diletakkan di mana? Sering juga Kamu lupa menaruh kembali barang yang sudah dipakai pada tempat semula?

Alhasil, barang tersebut hanya teronggok di atas meja ataupun lantai. Sehingga, rumah sudah macam kapal pecah saja!

Nah, untuk mengakali hal tersebut, Kamu bisa mulai mempertimbangkan pemasangan rak dinding minimalis.

Cara ini sangat ideal untuk menjaga kerapian letak barang meskipun Kamu tidak memiliki cukup ruang sebagai storage yang mumpuni.

Bukan Cuma itu saja, memilih rak dinding minimalis dengan desain yang unik akan membuat ruangan dalam rumahmu bernilai estetika tinggi. tertarik untuk mencobanya? Yuk, simak ide berikut ini.

1. Rak Dinding Minimalis Tanpa Pintu

Rak dinding yang didesain tanpa pintu dikenal juga dengan istilah open shelf. Sekarang sedang nge-trend banget tipe rak dinding model ini lho!

Desainnya simple dan terbuka, sehingga, Kamu tidak akan merasa sumpek lagi dengan ruangan yang sempit.

Meskipun rak dinding ini diisi dengan aneka barang, tidak akan menimbulkan kesan berantakan. Justru adanya barang-barang ini akan membuat corak tersendiri sehingga ruangan terlihat semakin hidup.

Proses membersihkan debu pada rak ini juga sangat mudah. sirkulasi udaranya juga cukup lancar, jadi Kamu tidak perlu merasa khawatir dengan jamur yang mungkin tumbuh. Praktis dan rapi!

2. Rak Dinding Minimalis Heksagon

Kamu sedang cari rak dinding yang tampilannya unik? Coba deh desain rak heksagonal. Biasanya model ini juga disebut dengan istilah rak sarang madu.

Rak ini sebenarnya masih jarang ditemui pada interior rumah lho! kalau Kamu suka tampil beda, wajib banget untuk mencobanya.

Bukan cuma berfungsi untuk tempat menyimpan barang saja, Kamu juga bisa menaruh galeri pada sudut-sudut ruangan.

Kalau Kamu pandai menata barang secara proporsional, rak ini akan menjadi karya seni yang unik. Satu hal yang perlu Kamu tahu, dalam penyusunan barang, sebaiknya sebarkan pada kedua sisi sudut agar tidak sumpek.

3. Rak Dinding Minimalis Berwarna Terang

Sebaiknya pilih warna netral dan terang untuk rak dinding minimalismu. Seperti krem, beige, ataupun ruith. Corak ini akan memberi kesan yang lebih bersih dan lapang.

Sehingga warna tersebut adalah yang paling pas untuk dipasang pada sudut ruang.

Sudut ruangan akan terlihat suram jika ditambah dengan barang sehingga area ini akan dihindari oleh pemilik rumah.

Jadi, warna netral pada rak dinding akan membuat ilusi ruangan yang lebih lapang akibat pantulan cahayanya.

4. Rak Dinding Minimalis Vertikal

Untuk membuat kesan ruangan yang tampak lebih tinggi, pasanglah rak dinding secara vertikal.

Trik ini sudah diketahui sejak lama dan dimanfaatkan dalam desain interior. Ruang akan menjadi lebih tinggi dari ukuran yang sebenarnya, termasuk juga pada sudut-sudut ruang.

Ilusi yang diciptakan oleh rak vertikal akan membuat ruangan jauh dari kesan sumpek dan padat. Meskipun Kamu menaruh berbagai barang pada tempat penyimpanan tersebut.

5. Mainkan Tekstur Rak Dinding Minimalis

Berani bermain tekstur pada rak dinding akan membuat ruanganmu terlihat lebih menarik. Pilihan desai dan material untuk rak dinding minimalis sangat beragam kok.

Cobalah untuk memilih rak dinding yang memiliki tekstur berbeda dengan tekstur pada dinding.

Misalnya saja kalau material dinding rumah berbahan kayu, maka rak dari besi akan membuat sentuhan industrial yang menarik.

Sebaliknya, kalau tekstur dinding lebih halus, maka menggunakan material yang agak bold seperti kayu yang serat-seratnya masih tampak. Perfect!

6. Built-in Shelving

Ingin mencoba rak dinding yang berbeda? cobalah model built-in shelving atau rak dinding yang menjorok ke bagian dalam.

Rak model ini akan membantumu dengan masalah sudut ruangan yang cenderung lebih sempit. Desainnya akan menyatu pada dekorasi interior, sehingga tercipta tampilan desain yang minimalis yang kohesif.

Rak dinding tipe ini akan membuat sudut ruangan menjadi lebih rapi dan juga tertata. Kamu bisa membangun rak ini sesuai kebutuhan.

Kalau barang-barangmu tidak terlalu banyak maka bangunlah rak dinding yang berukuran kecil. Rak dinding yang besar akan memberikan dimensi ruangan yang tidak memakan area tambahan.

7. Rak Dinding Model Tangga

Untuk mengakali sudut ruangan yang cukup berantakan, Kamu bisa membuat rak dinding minimalis tanpa mengubah desain ruang secara keseluruhan.

Salah satu caranya dengan membuat rak dinding berbentuk tangga. Desain ini sedang sangat trend di dunia desain interior lho!

Di ruang tamu, rak dinding ini akan memberikan sentuhan rustic dan sentuhan vintage. Kamu tidak perlu khawatir dengan konsep desain yang berubah meskipun dipasang rak ini.

Rak ini selain unik dan kreatif juga sangat fungsional. Sebab, cocok untuk menyimpan aneka barang, baik barang yang besar maupun kecil.

Rak ini juga tidak boros tempat sehingga menimbulkan sudut ruangan yang tidak sempit.

8. Imbangi Proporsi Barang Pada Rak Dinding

Kadang-kadang, desain yang tepat tidak cukup untuk membuat sudut ruang menjadi tampak rapi, sehingga Kamu perlu menyusun barang dengan baik.

Variasikan tingginya barang pada rak dinding supaya proporsi lebih seimbang. Seperti bentuk rak segitiga, bagian bawah digunakan untuk meletakkan barang yang berukuran pendek.

Sedangkan barang yang tinggi bisa diletakkan pada bagian puncak rak.

Cara yang lain adalah mengosongkan beberapa bagian rak dinding agar penataannya tampak lega dan tidak monoton. Susunlah barang secara berkelompok.

Misalnya, pada sebaris buku, letakkan satu foto berbingkai unik. Rak dinding pada sudut ruang akan membuatnya tampak lebih rapi serta artistik.

9. Be Creative

Sisi fungsional dan kreatif merupakan hal yang paling penting agar penataan rak dinding minimalis menjadi lebih apik.

Untuk memberikan sentuhan yang personal, rak dinding bisa kok dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak lagi terpakai. Jika ingin yang lebih praktis, bisa juga dengan mengunjungi toko dekor favoritmu.

10. Rak Dinding Minimalis Gaya Kotak

Model rak dinding kotak akan membuat ruangan menjadi lebih variatif. Tapi, kamu tidak harus memilih rak model kotak sepenuhnya.

Buatlah bagian pojok rak kotak menjadi sedikit lengkung. Cocok sekali dengan rumah yang bernuansa minimalis. Letakkan hiasan ataupun pot flora berukuran kecil di dalamnya.

Selain itu, Kamu juga bisa mengkombinasikan rak dinding kotak pada ruang tamu. Buatlah tiga kotak yang saling menjorok ke bagian tengah, sehingga kotak tengahnya terdiri dari empat bagian yang sama besar.

Letakkan aneka barang yang kecil pada bagian tengah dan barang yang besar pada bagian pinggir.

Ketika Kamu memilih rak dinding untuk ruang tamu, pertimbagkan beberapa hal. Seperti dana yang tersedia, pertimbangkan juga fungsi dari rak tersebut, serta gaya yang sesuai dengan desain interior ruangannya.

Pemilihan benda yang ditempatkan akan mempengaruhi gaya pada rak tersebut. dengan memilih jenis rak yang pas, maka benda tersebut akan menunjang kegunaannya sebagai perabot interior yang cantik.

Semoga informasi ini bermanfaat!

0 Shares

Leave a Comment