Butuh Rak Buku Untuk Desain Kamar? Gunakan Saja Tips Memilih Rak Buku Minimalis

Kamar adalah salah satu tempat ternyaman yang dimiliki oleh seseorang. Karena kamar ini adalah tempat yang penting oleh sebab itu kamar harus didesain sedemikian rupa agar tetap terlihat nyaman meskipun sempit.

Salah satu cara untuk mendesain kamar adalah dengan menggunakan rak buku. Mengapa harus rak buku? Sebab hampir semua orang memiliki buku, entah itu buku pelajaran, buku novel, buku kuliah dan buku-buku lainnya.

Nah, jika buku ini tidak ditata dengan benar, maka ia hanya akan memenuhi ruang kamar saja. lantas bagaimana jika kamarmu kecil? Jawabannya adalah Kamu hanya perlu menggunakan rak buku minimalis.

Sebelum memikirkan desain seperti apa yang akan digunakan untuk menyimpan buku kesayangan Kamu. Agaknya Kamu perlu tahu bagaimana si tips memilih rak buku yang benar. Mau tahu dan sudah penasaran? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Tentukan Ukuran Ruangan

Memilih rak buku tidaklah sembarangan, rak buku yang akan dipilih harus disesuaikan dengan ukuran ruangan kamarmu. Mengapa harus mengukur ruangan? Sebab rak buku ini akan dipasang di dalam ruangan.

Jika ukuran rak buku dengan ukuran kamar tidak sesuai, maka hal ini bisa membuat kamar terlihat penuh. Alhasil rak buku yang harusnya akan mempercantik ruangan akhirnya tidak sedap untuk dipandang.

Yang harus Kamu lakukan di sini adalah dengan mengukur luas dinding, luas lantai dan luas langit-langit. Setelah itu, pilihlah rak buku minimalis yang sesuai dengan ukuran kamar Kamu.

Jangan lupa pula beri sedikit ruang jalan agar Kamu tetap bisa berjalan nyaman tanpa terganggu adanya rak buku.

2. Memilih Bahan Rak Buku

Setelah Kamu mengukur luas ruangan, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih material yang akan digunakan.

Ada beberapa jenis material rak buku yang bisa dipilih seperti rak buku dari kayu, logam dan juga kaca. Untuk Kamu yang low budget, Kamu bisa memilih rak buku yang terbuat dari bahan kayu.

Namun, kualitasnya agar sedikit rendah jika dibandingkan dengan rak buku yang terbuat dari logam atau kaca.

3. Menentukan Isi Rak Buku

Meskipun namanya adalah rak buku, bukan berarti rak ini bisa diisi dengan buku saja. selain buku, rak buku juga bisa diisi dengan VCD film favorit, kaset video game bahkan foto.

Nah, dengan menentukan apa saja isi rak buku, maka hal ini bisa membantu Kamu dalam menentukan ukuran serta desain dan jenis rak buku yang akan dibutuhkan.

Pastikan pula bahwa Kamu membeli rak buku sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan tema ruangan kamar Kamu.

4. Pertimbangkan Rak Buku dengan Pintu

Ada beberapa jenis rak buku yang ada di pasaran, salah satunya adalah rak buku yang memiliki daun int. Rak buku jenis ini biasanya berfungsi untuk melindungi buku dari debu dan kotoran.

Jika Kamu menginginkan rak buku yang seperti ini, maka Kamu bisa memilih daun int yang terbuat dari kaca atau dari kayu.

Untuk Kamu yang tidak rapi, maka sebaiknya pilih yang terbuat dari kayu agar ketidak rapian buku bisa disembunyikan.

Namun jika Kamu membutuhkan rak buku untuk mempercantik ruangan, pilih saja rak buku dengan daun int kaca. Namun, konsekuensinya, Kamu harus menatanya dengan rapi setelah selesai digunakan.

5. Rak Buku Untuk Menyekat Ruangan

Tidak hanya untuk mempercantik ruangan saja, fungsi rak buku juga bisa dijadikan sebagai penyekat antara satu ruangan dengan ruangan lain.

Jika fungsi Kamu memilih rak buku untuk hal yang demikian, maka pilihlah rak buku yang besar, sehingga rak buku yang Kamu pilih dapat membatasi antara ruangan satu dengan ruangan yang lainnya.

Namun, Kamu juga harus memperhatikan ukuran ruangannya agar tidak terlihat sempit dan penuh.

6. Sesuaikan Rak Buku Dengan Furniture

Setiap orang pastinya mempunyai ide kreatif untuk sesuatu yang memuaskan dirinya.

Salah satunya saat membeli rak buku, kita juga bisa sesuaikan dengan gaya, warna. bahan dan model yang kita inginkan agar terlihat menarik ketika dipandang.

Salah satu contoh rak buku yang bisa dipilih adalah rak buku dengan gaya study book self atau rak buku klasik dengan bahan dasar kayu. Rak buku ini tentunya tidak sesuai dengan kamar Kamu yang bergaya modern.

Jadi, dalam hal ini Kamu bisa mengganti rak buku yang akan digunakan dengan menggunakan gaya metalic book self tahu rak buku yang terbuat dari bahan metal dan logam.

Setelah Kamu tahu tips memilih rak buku, tentunya Kamu sudah memiliki gambaran seperti apa rak buku yang akan digunakan.

Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih desain rak buku yang akan digunakan. Ada banyak sekali desain rak buku dan salah satu yang paling terkenal adalah desain rak buku minimalis.

Daripada penasaran, yuk simak desain rak buku di bawah ini.

1. Rak Buku Minimalis

Desain rak buku ini sangat minimalis, hal ini dibuktikan dengan bentuknya yang sangat sederhana. Selain itu, rak buku ini juga berwarna netral, tidak ada hiasan dan cenderung ukurannya jauh lebih kecil.

Biasanya rak buku ini cocok untuk jenis rumah yang minimalis dan sempit.

2. Rak Buku Modern

Sebenarnya jenis rak buku ini hampir sama dengan rak buku minimalis. Yang membuat rak buku ini berbeda adalah tidak terdapat banyak ornamen yang diterapkan.

Selain itu, ukurannya juga lebih besar dan hadir dengan pilihan warna yang mencolok.

3. Rak Buku Artistik

Ini adalah salah satu rak buku yang unik karena memiliki bentuk yang berwujud huruf yang disusun. Rak ini bisa saja berbentuk gelombang, pohon atau berbentuk hewan yang unik.

Jenis rak buku ini sangat cocok diterapkan di kamar anak-anak untuk menambahkan suasana kamar anak menjadi lebih indah.

Model rak buku yang satu ini juga dibagi menjadi beberapa model seperti rak buku barrister bookcase, modular bookcase dan juga folding bookcase.

4. Rak Buku Leaning

Bentuk dari rak buku ini seperti tangga, dimana luas dai rak buku ini akan semakin menyempit apabila sampai ke ujung.

Rak buku ini juga sangat ringan serta mudah dibongkar. Nah, rak ini sendiri harus dipasang bersandar di dinding agar terlihat lebih menarik.

Jika Kamu sering datang ke toko buku, maka Kamu bisa menjumpai rak buku jenis ini. Saat menggunakan rak buku ini, Kamu juga harus menatanya dengan baik.

Sebab karena bentuknya yang simpel dan mudah berpindah itulah menjadikan rak buku ini lebih mudah jatuh atau berantakan.

Bagaimana? Cukup rumit bukan dalam menentukan rak buku apa yang akan digunakan. Sebagai saran saja, lebih baik Kamu gunakan rak buku minimalis.

Mengapa? Sebab rak buku ini sangat elegan namun tidak makan banyak ruangan. Hal ini juga yang akan membuat ruangan Kamu terlihat lebih indah dengan buku yang tertata rapi.

So, selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

0 Shares

Leave a Comment