15 Desain Ruang Tamu Minimalis yang Menarik dan Menginspirasi

Desain Ruang Tamu Minimalis – Berkhayal punya rumah masa depan gak ada salahnya lho, hal ini bisa dijadikan pemicu untuk makin giat bekerja dan mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk segera mewujudkan rumah impianmu. Kamu bahkan bisa menentukan dari sekarang desain rumahmu nanti seperti apa. Mulai dari ruang tamu, ruang tidur, dapur hingga kamar mandinya.

Nah di artikel ini kita bakal ngasih kamu referensi desain ruang tamu sederhana namun menarik yang bisa ditiru dan tentunya berbudget minimalis.

Ruang tamu adalah tempat pertama yang akan kita jumpa saat memasuki sebuah rumah. Oleh karena itu desain ruang tamu menjadi yang paling penting untuk kamu fikirkan, bahkan mulai dari sekarang. Walaupun yang diajak membangun rumah tangga (baca:jodoh) masih belum terlihat hilalnya tak ada salahnya kita berandai-andai dulu bagaimana ruang tamu yang akan kamu bangun bersama pasanganmu kelak.

Tanpa perlu mengeluakan banyak dana, ruang tamu minimalis dan manis berikut ini bisa kamu keep dulu untuk dibangun nanti. Check it uot!

  1. Contents

    Ruang tamu berukuran kecil bukan masalah, justru akan terkesan nyaman dengan kehadiran lantai kayu parket.

Ruang tamu berukuran kecil bukan masalah, justru akan terkesan nyaman dengan kehadiran lantai kayu parket.
Image via www.ikizler.net

Lantai kayu parket selalu memberi kesan hangat bagi penghuninya. Tak terkecuali untuk ruang tamu mungilmu. Karpet berwarna soft berpadu dengan meja kopi berujung lancip akan memberi kesan kalem yang menenangkan, warna sofanya yang kuning kecoklatan juga menjadikanya senada dengan tema ruang tamu.

Jangan lupakan pajangan dinding yang bisa memberi kesan manis pada dindingmu. Kamu bisa memasang pigura foto yang sederhana atau jam berbentuk bunga matahari.

  1. Hadirkan ruang tamu yang elegan sekaligus penuh warna, kamu tinggal padukan perabotan soft color dengan beberapa furnitur gold saja.

Hadirkan ruang tamu yang elegan sekaligus penuh warna, kamu tinggal padukan perabotan soft color dengan beberapa furnitur gold saja.
Via Pinterest

Bermain warna dalam mendesain ruang bisa banget kamu praktekan. Warna dinding yang putih jadi lebih ramai dengan kehadiran bantal-bantal cantik penuh warna. Gorden berwarna hijau tosca ini juga senada dengan tema ruang tamu.

Tamu bakal betah berlama-lama berkunjung saking nyamannya. Untuk menghadirkan kesan mewah nan elegan, kamu bisa menghadirkan ball pendant lamp warna gold di tengah ruangan.

  1. Pengen living space-mu tampak chic dan masa kini? Aplikasikan saja ruang tamu bergaya industrial ini.

Pengen living space-mu tampak chic dan masa kini Aplikasikan saja ruang tamu bergaya industrial ini
Via digsdigs.com

Gaya industrial memang sedang kekinian banget. Kalu biasanya kamu nikmati gaya industrial hanya di kafe-kafe saja, kali ini kenapa tidak kamu terapkan di ruang tamumu?

Meja kopi berkaki besi ini misalnya, menciptakan kesan otentik ruang industrial. Tak lupa sofa berwarna abu-abu yang turut serta sepadan dengan tema. Beri sedikit tanaman dalam  ruang untuk kesan hijau yang hidup dan segar.

  1. Jangan takut bermain warna! Justru aksesoris dengan warna menyala akan membuat ruang tamumu beda dari yang lainnya.
Jangan takut bermain warna! Justru aksesoris dengan warna menyala akan membuat ruang tamumu beda dari yang lainnya.
Westcoast.purelylocal.co.za

Kesan ceria pada ruang tamumu bisa kamu ciptakan dengan permainan warna. Salah satunya dengan bantal-bantal empuk penuh warna. Dari biru, kuning, merah, jingga sampai hijau. Kamu juga bisa berkesperimen dengan warna sofa dan kursinya yang beragam. Hijau daun berpadu dengan biru, krem dan pink.

Sementara karpet yang berwarna lembut tak lupa dibentangkan agar ruangan tetap terkesan rapi. Alhasil ruang tamumu terasa ceria dan berbeda.

  1. Penggemar barang antik? Ruang tamu bergaya shabby chic ini tampak manis sekaligus klasik

Penggemar barang antik - Ruang tamu bergaya shabby chic ini tampak manis sekaligus klasik

Shabby chic cocok banget buat kamu yang pengen menghadirkan kesan feminism, manis, sekaligus klasik. Warna pastel jadi tema utama sofa dan bantal-bantalnya. Meja kopi berbantal empuk ini semakin menguatkan kesan lembut dengan warna pastelnya.

Kamu bisa menaruh pajangan unik dan standing lamp tentunya. Bahkan, Chandeliers dan meja antik semakin menambah kesan klasik untuk ruang tamu mungilmu.

  1. Pemilihan warna netral pada ruang tamu kecil bisa jadi solusi. Mungkin kamu bisa mencoba memilih tema monokrom agar terlihat kekinian dan tetap membuat nyaman.

Pemilihan warna netral pada ruang tamu kecil bisa jadi solusi. Mungkin kamu bisa mencoba memilih tema monokrom agar terlihat kekinian dan tetap membuat nyaman
Via mylifewear.com

Beberapa  pilihan warna dasar yang netral bisa menjadi ide solutif bagi kamu yang ingin mendekorasi ruang tamu. Penggunaan warna-warna tersebut bisa kamu aplikasikan pada dinding, lantai, plafon dan pelapis furnitur.

Misalnya, kamu bisa memili palet warna off-white atau beige yang akan menciptakan kesan luas dengan ilusi yang menekan pada dinding. Warna -warna lembut lainya juga bisa membantu memantulkan cahaya dan memberikan penerangan pada ruang tamu yang minimalis.

Selain itu kamu juga bisa memilih warna putih sebagai warna dasar dalam ruangan. Warna ini juga diketahui bisa menyebarkan cahaya secara merata ke seluruh tempat sehingga memberikan kesan yang lebih luas. Jadi tak perlu ragu lagi dalam memilih warna, yang terkadang bisa lebih elegan dan menenangkan.

  1. Manjakan tamu yang datang ke rumahmu dengan kesan living room yang homy. Tinggal padukan saja cushion merah muda dengan tanaman hijau di pojok

Manjakan tamu yang datang ke rumahmu dengan kesan living room yang homy. Tinggal padukan saja cushion merah muda dengan tanaman hijau di pojok ruang.
Via hupehome.com

Lembutnya nuansa pink membuat betah teman-temanmu yang berkunjung. Sofa putih dipadu dengan cushion bernuansa pink dan biru tua. Tak ketinggalan mejanya yang juga berwarna merah muda.

Sementara tanaman hijau dalam ruang dapat menghidupkan suasana dan menyegarkan mata. Tak ketinggalan pigura foto dan pajangan dinding sederhana meramaikan dinding putihmu.

  1. Jika ruang tamu kamu memiliki langit-langit yang tinggi, coba arahkan perhatian ke atas dengan menghiasnya menggunakan beberapa aksesoris.

Jika ruang tamu kamu memiliki langit-langit yang tinggi, coba arahkan perhatian ke atas dengan menghiasnya menggunakan beberapa aksesoris.
Via casadysano.com

Jika ruang tamumu mempunyai langit-langit tinggi kamu bisa memanfaatkanya dengan beberapa cara. Menggantungkan karya seni seperti lukisan dari berbagai ukuran dengan penataan yang ciamik bisa jadi solusi.

Ide ini bisa membuat ruangan terasa lebih besar dari aslinya. Bagi tamumu yang berkunjung mereka akan terfokuskan memandangi lukisan tersebut. Hal ini bisa memberikan kesan memang ruang tamu kamu yang minimalis itu bisa berubah terasa lebih luas.

  1. Gaya Scandinavian emang bikin jatuh cinta. Sentuhan warna putih bikin ruang tamu mini jadi terkesan luas.

Gaya Scandinavian emang bikin jatuh cinta. Sentuhan warna putih bikin ruang tamu mini jadi terkesan luas.
Via homedit.com

Gaya Scandinavian memang selalu diminati. Furnitur berujung lancip ini jadi ciri khasnya. Dipadu dengan dinding berwarna putih yang semakin memberi kesan luas pada ruang tamumu yang mungil.

Kamu bisa membentangkan karpet berwarna biru dan sedikit tumbuhan artifisial sebagai pemanis ruangan, agar ruang tamumu tidak terkesan monoton. Kamu bisa meletakkan bufet tv berwarna putih ini agar ruangan tidak terkesan penuh dan sempit.

  1. Bikin ruang tamu bertema playful itu mudah, tinggal hamparkan saja karpet Turki warna-warni di bagian tengah.

Bikin ruang tamu bertema playful itu mudah, tinggal hamparkan saja karpet Turki warna-warni di bagian tengah.
Via Pinterest.com

Bermain-main dengan aksesoris ruang gak ada salahnya lho. Salah satunya karpet khas Turki ini yang semakin membuat ruang tamumu jadi lebih playful. Kamu juga bisa bereksperimen dengan model dan warna sofanya yang tidak biasa. Warna sofa pastel seperti biru keunguan atau hijau daun ini misalnya.

Meja kopi yang khas industrial juga akan membuat ruang tamumu semakin semarak. Ditambah ramai dengan bantal-bantal empuk yang paternis. Manis bukan?

  1. Manfaatkan cermin sebagai dekorasi ruang tamu kamu agar bisa menciptakan ilusi ruangan yang luas.

Manfaatkan cermin sebagai dekorasi ruang tamu kamu agar bisa menciptakan ilusi ruangan yang luas.
Via Pinterest.com

Seperti yang diketahui, cermin memiliki fungsi untuk memantulkan cahaya dan menambah suasana yang menyenangkan. Kamu bisa meletakanya di balik sumber cahaya pada ruanganmu. Cermin juga sering digunakan untuk menciptakan ilusi ruangan yang luas.

Kamu dapat menempatkan cermin di berbagai tempat seperti dengan menggantungkannya di lokasi sentral atau tengah ruangan untuk membuat titik fokus. Jika tata ruang kamu memungkinkan, posisikan cermin di seberang jendela sehingga dapat memantulkan pemandangan dari luar ruangan. Hal ini juga bisa memberi ilusi adanya jendela lain di ruang tamu kamu.

Tidak hanya terlihat lebih luas, cermin tersebut juga akan menciptakan sebuah visual yang akan membuat mood kamu dan tamumu lebih baik.

  1. Hindari sesuatu berukuran besar, cari perabotan yang bobotnya kecil agar ruang tamu kamu bisa terkesan luas.

Hindari sesuatu berukuran besar, cari perabotan yang bobotnya kecil agar ruang tamu kamu bisa terkesan luas.
Via amplichip.us

Cobalah memilih barang-barang yang kesanya tidak terlalu kuat. Hindari penggunaan perabotan berukuran besar yang mendominasi ruangan, salah satunya ialah pemilihan sofa. Resbag dengan sandaran lengan lurus dan sandaran punggung yang padat memang lebih cocok untuk ruangan berukuran kecil.

Jika kamu tinggal di apartemen, kamu dapat menghapuskan opsi kursi sofa dari daftar perabotan ruang tamu. Kamu bisa menggantinya dengan jenis kursi yang empuk dan berbentuk lebih kecil. Atau kamu bisa menggunakan kursi dengan fungsin ganda. Saat memilih kursi tersebut, utamakan memilih tanpa lengan karena hal itu akan menghabiskan uang.

  1. Warna orange gak akan lagi bikin mata silau memandangnya. Bahkan kamu bisa memadukannya dengan warna putih dan abu-abu supaya ruang tamumu tampak cozy.

Warna orange gak akan lagi bikin mata silau memandangnya. Bahkan kamu bisa memadukannya dengan warna putih dan abu-abu supaya ruang tamumu tampak cozy.
Via joedilldesign.com

Ruang tamu cozy jadi impian siapa saja. Kesan nyaman ini bisa kamu ciptakan dengan perpaduan antara soft-nya sofa berwarna abu-abu, meja kopi krem, dan cerianya karpet orange.

Karpet orange ini yang akan bikin ruang tamumu berkesen ceria. Tak lupa taruh tanaman juga agar semakin menejukkan mata. Percaya deh, becengkrama dengan teman atau keluargamu jadi lebih mengasikan!

  1. Pingin menekan budget dengan gak membeli banyak furnitur? Adopsi saja living space ala negeri Bunga Sakura.

Pingin menekan budget dengan gak membeli banyak furnitur Adopsi saja living space ala negeri Bunga Sakura.
Via aboyandhisbike.com

Rumah bergaya jepang memang terkenal minimalis dan rapi serta hemat furnitur. Seperti gaya yang satu ini. Lantai kayu parket berpadu dengan perabot kekayuan yang mendekatkanmu dengan alam.

Suasananya bak sedang relaksasi di spa, tamumu pun pasti bakal betah berkunjung. Ruang mungil pun bisa terkesan luas karena minim furnitur. Kamu bisa menaruh tanaman artifisial di atas bufet kecil di tepi ruangan agar ruang tamumu tidak terkesan monoton.

  1. Gunakan mural berbentuk segitiga dengan warna-warna pastel untuk meramaikan ruang tamu minimalismu

Gunakan mural berbentuk segitiga dengan warna-warna pastel untuk meramaikan ruang tamu minimalismu
Via Pinterst.com

Kalau kamu bosan dengan warna putih di dindingmu, gunakan cat warna-warni dengan warna yang lembut. Aplikasikan cat tersebut dengan dibentuk mural dengan motif sederhana sehingga membuat ruanganmu sangat manis. Warna-warna cat ini tidak akan membuat ruangmu terasa sempit kok, asal jangan gunakan warna gelap ya.

Kamu bisa menggunakan furniture minimalis sofa hitam yang mungil dan kursi baca yang lucu. Ditambah meja kopi bergaya industrial ini membuat ruang tamumu semakin cozy. Sentuhan terakhir pada karpet monokrom dan tanaman hias yang ciamik semakin menambah manis ruang tamumu.

Bagaimana? Jadi pengin cepat-cepat punya rumah beneran kan? Berkhayal dulu gak ada yang ngelarang kok justru membuatmu semakin semangat bekerja mengumpulkan pundi-pundi rupiah dan semangat menemukan pasangan yang tepat untuk diajak membangun rumah impianmu.

Semoga desain ruang tamu di atas bisa jadi referensi rumah masa depanmu nanti ya!

Shares 0

Leave a Comment

%d bloggers like this: